Review Ragnarok Online 2


Ragnarok Online 2 (RO2) adalah game ber-genre MMORPG yang dikembangkan oleh Gravity dan dirilis oleh Lyto di Indonesia. RO2 merupakan sequel dari game Ragnarok Online. Game tersebut sudah memasuki tahap open beta test (OBT) dan komersial mulai tanggal 28 Agustus 2013. Game ini masih bercerita tentang legenda Nordik namun jalan ceritanya tidak sama dengan Ragnarok Online terdahulu. Walaupun RO2 merupakan sequel tetapi gaya permainannya sangat jauh berbeda, mulai dari status karakter, skill, berburu, quest dan beberapa lainnya. Terdapat 5 kelas yang bisa gamers pilih saat membat karakter yaitu SwordsmanThiefAcolyteArcher dan Magician yang mana karakter bisa melanjutkan ke kelas selanjutnya setelah mencapai level 25.

RO2 juga menghadirkan beberbagai fitur menarik yang salah satunya adalah life jobLife job akan menentukan keterampilan sampingan yang dimiliki oleh karakter. Terdapat 4 jenis life job yang bisa gamers pilih yaitu Blacksmith untuk membuat senjata dan armor berat, Artisan untuk membuat armor ringan, Alchemist untuk membuat potion dan Chef untuk membuat makanan yang akan menambah atribut karakter.

Tidak ada batasan antara kelas dan life job yang dipilih saat membuat karakter. Gamers bisa mengkombinasikan Swordsman dengan BlacksmithArcher dengan AlchemistThief dengan ArtisanMagiciandengan Blacksmith dan beberapa lainnya. Namun sebaiknya gamers memilih life job yang sesuai dengan tipe karakter yang dikembangkan. Item yang dibuat dengan skill yang didapatkan dari life job ini memiliki kemampuan yang setara dengan item di NPC namun ada pula yang unik dan lebih baik.


Saat memainkan game ini, gamers sebaiknya tidak melakukan grinding (hunting terus menerus) karena hal itu tidak akan memberikan experience yang besar terhadap perkembangan karakter. Apabila gamers ingin meningkatkan level karakter dengan cepat, jalankanlah seluruh quest yang disediakan seperti quest utama, quest sampingan dan Khara quest. Mungkin gamers sudah sangat kenal dengan quest utama atau questsampingan, namun Khara quest ini adalah yang sangat unik dari RO2.

Dengan menjalankan Khara quest, karakter bisa mendapatkan berbagai keuntungan antara lain sejumlah experience dan tittle yang akan memberikan atribut tambahan kepada karakter. Khara quest menyediakan berbagai macam quest unik yang bisa gamers jalankan, termasuk quest yang tersembunyi. Untuk membuka quest tersembunyi itu, karakter harus menyelesaikan quest secara vertikal atau horizontal terlebih dahulu.


Dalam memudahkan karakter untuk menjelajahi dunia RO2 yang luas karena mount akan meningkatkan kecepatan bergerak karakter hingga beberapa persen. Karakter bisa menggunakan berbagai macam mount dengan berbagai bentuk seperti Pecopeco, Tortoise, Tiger dan beberapa lainnya. Mount tersebut yang bisa didapatkan dari NPC atau dari membelinya di shop. Untuk menggunakan mount, karakter minimal sudah mencapai level 15.


Bagi gamers yang ingin mendapatkan item dan equipment yang keren. Bisa berpetualang dalam fitur dungeon. Terdapat banyak pilihan dungeon yang bisa gamers mainkan yang mana dungeon yang paling populer adalah raid-dungeon. Agar bisa bertahan dan menyelesaikan setiap dungeon, khususnya pada tingkat kesulitan hard maka gamers harus mampu bekerjasama dengan karakter lainnya dengan baik. Item yang didapatkan pada dungeon bisa dibagikan dengan gambling terlebih dahulu.

RO2 juga menghadirkan fitur komunitas yang seru dalam bentuk guild. RO2 Indonesia telah mengimplementasikan fitur War of Emperium (WOE) yang merupakan peperangan antar guild yang ada di RO2. Dengan fitur tersebut, setiap guild bisa membuktikan eksistensinya sebagai yang terbaik.

Trailer


Sumber :

Komentar

Postingan Populer