Sword Art Online : Lost Song Review




Sword Art Online: Lost Song  merupakan sebuah game action role playing video game untuk platform Playstation 3 dan 4 serta vita dan cerita serta plot berdasarkan dari seri sword art online light novel. Sword Art Online : Lost Song ini merupakan video game seri ke tiga yang sebelumnya kesuksesan telah diraih dari seri Sword Art Online : Hollow FragmentCerita game di awali oleh karakter protagonist Kirito dan teman-temannya saat mereka bermain game yang bernama Alfheim Online yang mengusung Reality Virtual Massively Multiplayer Online Role Playing Game (VRMMORPG). Di dalam cerita akan diperkenalkan guild bernama Shamrock, dan Kirito bersaing melawan Shamrock untuk dapat menjadi yang pertama untuk menaklukan Svart Alfheim.
Gameplay
Lost Song merupakan game pertama dalan seri Sword Art Online yang memungkinkan gamers untuk bermain sebagai karakter protagonist Kirito, selain Kirito gamers juga dapat memilih dari 19 karakter yang tersedia untuk dapat dimainkan, Selain itu, gamers juga dapat membuat karakter mereka sendiri, yang dapat digunakan dalam plot cerita utama bersama Kirito serta bermain multiplayer.
Setiap karakter dapat menggunakan tiga jenis senjata misalkan, Kirito dapat menggunakan dual wield dan menggunakan pedang satu tangan atau pedang dua tangan. Setiap senjata memiliki keterampilan yang dapat dilatih, untuk membuka kemampuan baru atau skill baru gamers cukup menaikan level skill atau level karakter.
Sementara dalam pertempuran terdiri dari 3 anggota party yang terdiri dari gamers dan 2 karakter pemain yang dapat gamers pilih dari 19 karakter atau karakter buatan gamers sendiri. Pertempuran dapat dilakukan baik di darat mau pun di udara dan yang terakhir memungkinkan gamers untuk dapat bermain secara bebas, meskipun auto attack dalam posisi dinonaktifkan.
Gamers tidak dapat terbang di dalam dungeon dan ketinggian terbang gamers pada awal cerita akan dibatasi sampai kalian berhasil melawan bos terakhir di area Flosshilde, The Ring of Ice. Gamers dapat melakukan sihir dalam permainan, jenis sihir tergantung pada ras karakter. Dalam sebuah grop, pengguna sihir bisanya akan jadi target utama dari bos atau sasaran amukan dikarenakan damage yang cukup besar namun konsisten dibandingkan dengan serangan fisik.
Lost Song juga menyediakan permainan multiplayer yang memungkinkan pemain terlibat dalam duel PVP atau raid bos. Kemampuan online ini dapat menampung 16 pemain sekaligus dalam 1 lobi yang kemudian dapat dibagi menjadi 4 orang dalam satu grop pada saat pencarian anggota.
Plot Cerita
Setelah peristiwa Hollow Fragment dan berhasil keluar dari dunia Sword Art Online, Kirito mengungkapkan minatnya untuk kembali bermain game di ALO, dan memutuskan untuk bergabung ke dalam Seven’s Work di dalam permainan. Setelah melakukan beberapa misi, Kirito memberitahu Seven dan Sumeragi yang datang ke dalam Svart Alfheim (salah satu dungeon di Lost Song) dan mengatakan bahwa Kirito sedang membangun skill terakhirnya untuk mengalahkan Sumeragi.
Sementara itu, Rain menyadari prestasi Kirito di SAO, dan memutuskan untuk mengikutinya, meskipun Kirito selalu menyadari bahwa Rain mengikuti perjalanannya bersama teman-temannya. Keduanya akhirnya bertemu ketika Rain diserang oleh monster di valley (lembah) dan Kirito mengundang dia untuk bergabung dalam petualangannya.
Setelah menjalankan misi, Kirito bertemu Seven, yang mencoba bersembunyi dari Sumeragi dan guild Shamrock, karena seven ingin membersihkan daerah yang dikuasai oleh Sumeragi. Sementara itu di Agil Café, mereka berdua berbincang tentang realitas virtual, di mana Kirito belajar tentang realitas virtual berkerja dan cara menggunakannya dari Akihiko Kayaba dengan Aincrad.
Kelompok Kirito mendengar bahwa terdapat item di dalam Flosshilde yang kemudian Shamrock juga mengetahui hal itu, Dengan bantuan dari Rain, Kirito melengkapi semua item tersebut, mengetahui hal itu Sumeragi merasa kesal bahwa dia didahulii oleh player lain sehingga Sumeragi menantang Kirito untuk berduel yang kemudian berbuntut panjang yang akhirnya Sumergai membocorkan seluruh identitas tentang Rain bahwa status Rain adalah sebagai mantan anggota dari Shamrock yang diusir karena berbohong kepada anggota guild Shamrock serta mencuri informasi rahasia tentang guild Shamrock. Mendengar hal itu membuat teman-teman Kirito menjadi tidak percaya kepada Rain bahkan Sinon terus mempertanyakan kepada Rain tentang hal itu sampai Kirito menghentikan secara paksa topic tersebut.
Kirito mulai mengungkapkan keraguan tentang Shamrock dan Seven Fan Club, dan memutuskan untuk menghadiri salah satu konser-nya. Setelah acara konser Seven selesai, Seven meminta maaf atas tindakan serikatnya ketika guildnya memaksa Kirito untuk keluar dari dungeon dan Shamrock kemudian menyelesaikan dungeon tersebut. Kemudian Seven mengungkapkan bahwa Sumeragi adalah mitra penelitiannya untuk proyek dia, yang dikenal sebagai Cloud Brain. Dia menjelaskan percobaan sebagian jaringan yang menyatukan emosi pemain ALO seperti yang terlihat di konser.
Yang terjadi pada saat konser adalah Seven mengajak para Seven Fan Club nya untuk membantu guild Shamrock menyelesaikan lantai 1 Dark Dungeon meskipun nyawa taruhannya. Melalui Cloud Brain itu Seven berhasil mencuci otak seluruh Seven Fans Club dan mereka bersedia untuk membantu Seven untuk menyelesaikan misi tersebut.
Kemudian Seven mengajak Kirito untuk bergabung kedalam proyek Cloud Brain nya tetapi Kirito menolaknya. Kirito mengungkapkan bahwa ia hanya ingin menikmati bermain game bersama teman-temannya.

Trailer


Sumber :
https://youtu.be/Io5Ki7j-HRs
http://www.ceperan.com/review-sword-art-online-lost-song-eksklusif-untuk-playstation-4/

Komentar

Postingan Populer